Cara membuat kontak form blogspot tutorial bergambar


Cara membuat kontak form blogspot - cara membuat contact us, 123contactform, foxyform, cara membuat form html, blogger form, feedback form for blogger, create custom contact form for blogger, free contact form for blogger, stylish contact form for blogger. Kali ini DB akan membagikan tutorial cara membuat kontak form blogspot, kenapa sebuah blog yang baik harus membuat kontak form? karena jika sebuah blog memiliki kontak form berarti blogger tersebut sangat terbuka dengan masukan masukan para pembaca blognya seperti pada blog DB ini. selain itu kontak form juga berguna jika ada pihak lain yang ingin mengajak kerjasama atau blog tersebut di undang dalam acara blogger.

Namun pada tutorial kali ini DB tidak bekerja sendiri, melainkan menggunakan jasa dari sebuah web pembuat form kontak, seperti : Website contact

Tutorial ini khusus untuk pengguna web blogspot namun tidak menutup kemungkinan tutorial ini dapat diterapkan untuk web yang lain.

langkah pertama
silahkan buka Website contact > lalu buatlah akun dengan cara menekan tombol SIGN UP FOR FREE



langkah kedua
lalu pilih plan yang sesuai dengan yang anda inginkan, jika anda hanya ingin menggunakannya secara gratis tinggal pilih menu "BASIC"


Proses selanjutnya anda akan dimintai data seperti Username, Password, Email dan Industry, dimana semua data yang anda masukan nantinya akan digunakan sebagai penerima dari form yang anda buat. Setelah proses registrasi selesai anda akan secara otomatis diarahkan kehalaman dashboard, lalu pilih menu "Contact and lead form", untuk memulai proses pembuatan form.


langkah ketiga
buatlah kontak form sesuai dengan kreasi anda, disini saya hanya akan menjelaskan bagian bagain yang perlu dibimbing saja, karena terdapat banyak sekali menu- menu yang dapat kalian masukan dan gabungkan dengan form kontak.


Keterangan :
  1. untuk menambahkan menu form, tinggal drag menu yang ada pada tab "ADD FIELD", kedalam stage yang berada dibawah tulisan "Contact & Lead Form".
  2. untuk melakukan settingan khusus pada setiap menu form kalian bisa klik nama formya seperti yang ditunjukan dengan anak panah berwarna merah. nanti pada tab "ADD FIELD" akan berpindah ke tab "EDIT FIELD" secara otomatis.
  3. untuk merubah tulisan  "Contact & Lead Form", tinggal kalian klik dua kali tulisan tersebut lalu ganti dengan judul form sesuai keinginan anda.
  4. jika proses penambahan menu pada form sudah sesuai dan nama pada  "Contact & Lead Form", sudah dirubah anda bisa melihat hasilnya dengan cara klik "Preview Form".
  5. Form secara otomatis akan tersimpan.

langkah keempat
setelah form selesai di setting pada menu "EDIT", kemudian kita bersiap untuk mempublikasikan form yang kita buat dengan cara klik menu "PUBLISH".


Keterangan :

  1. klik menu blogger, untuk menampilkan script.
  2. select all semua script yang ada.
  3. masukan script tersebut kedalam page atau kedalam widget yang akan digunakan sebagai kontak form author.

Sekarang kamu bisa cek web blog kamu. jika hasil yang tampil tidak sesuai dengan tutorial ini beritahu DB via comment. Dan jika kamu merasa tutorial ini bermanfaat, bantu DB untuk membagikan tutorial ini.

Sekarang DB dilengkapi dengan fasilitas download untuk semua tutorial, untuk mendownload tutorial ini tinggal klik gambar download.

Cara membuat tombol back to top blogspot dengan jquery tutorial bergambar - Dasar Blog
Tutorial PDF - Cara membuat kontak form blogspot

Comments